Toad Jumping Up and Down

Rabu, 29 Juli 2015

UPAYA GENERASI MUDA



Sampai kapan Indonesia hanya menjadi negara berkembang?

Perlu kita ketahui, bahwa Indonesia merupakan negara yang berpotensi. Indonesia memiliki lokasi yang strategis dan sumber daya alam yang melimpah, seperti minyak bumi, rempah-rempah, hasil laut, tambang dan lain sebagainya. Indonesia sebagai negara penghasil  namun masih saja mengimpor barang-barang luar negri. Kurangnya sumber daya manusia membuat masyarakat kita tidak bisa menikmati hasil buminya sendiri.

Lalu, apa yang akan kita lakukan sebagai generasi muda?

Tentu dimulai dari kesadaran masing-masing untuk belajar dan menjaga lingkungan kita. Tuntutlah 
ilmu walau sampai ke negri cina. Tidak sedikit dari muda-mudi Indonesia yang mengenyam pendidikan diluar negri. Tidak masalah sebenarnya jika mereka tetap mengabdikan dirinya kepada negaranya atas ilmu yang ia dapatkan. Sekiranya kita dapat berpartisipasi dalam upaya memajukan tanah air tercinta.

Dari hal yang paling mendasar, kita perlu memperbaiki akhlak dan moral. Hal ini sudah sangat langka dijumpai ditengah masyarakat Indonesia. Sebagian dari mereka telah tergiur dengan masuknya budaya asing.

Selanjutnya, membenahi pendidikan. Selain belajar dengan sungguh-sungguh, kita dapat mengikuti berbagai organisasi, menyalurkan kegiatan positif untuk melatih kedisiplinan dan rasa tanggung jawab, serta membentuk kepribadian yang baik.

Yang ketiga, menjaga dan merawat hasil bumi kita. Negara ini telah diberkahi dengan sumber daya alam yang berlimpah. Siapa yang akan menjaganya jika bukan kita sendiri? Siapa yang akan rela jika hasil bumi kita direbut lagi oleh negara-negara asing? Sebagai generasi muda, kita seharusnya mampu mengolah dan mengembangkan apa yang dimiliki Indonesia.

Selain itu, kita harus pandai untuk menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Berapa juta sarjana yang menganggur? Tingkatkan kreatifitas yang positif untuk membangun negara kita. Tinggalkan kebiasaan konsumerisme yang berlebihan dan belajar menciptakan produk itu sendiri dalam upaya meningkatkan ekonomi Indonesia.

Sekian beberapa upaya yang dapat kita lakukan sebagai generasi muda untuk membuat negara Indonesia menjadi lebih maju. MERDEKA !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ika Risna. Diberdayakan oleh Blogger.

Contact us